Skincare merupakan rangkaian perawatan kulit wajah yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Begitu pentingnya skincare membuat para wanita rela membeli berbagai macam produk perawatan, mulai dari yang umum sampai krim khusus.

Produk skincare berbeda untuk setiap jenjang usianya namun ternyata masih ada skincare yang cocok dipakai untuk segala usia. Penasaran? Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Cleanser

Setelah menggunakan make up seharian, produk skincare pertama adalah cleanser. Cleanser berfungsi untuk membersihkan kotoran berupa debu, minyak dan bekas-bekas make up. Selain berfungsi sebagai penghapus make up dan kotoran, cleanser juga bisa menyegarkan wajah.

Produk skincare cleanser banyak dijual di pasaran, tua maupun muda produk cleanser bisa sama sesuai dengan jenis kulitnya.

2. Face wash

Produk pembersih wajah untuk step kedua setelah cleanser adalah face wash. Face wash adalah produk sabun cuci muka untuk membersihkan wajah secara lebih maksimal.

Face wash juga bisa mengangkat sel kulit mati. Produk face wash juga sudah banyak dijual di pasaran dengan kandungan yang beragam.

3. Toner mengembalikan pH kulit

Step skincare ketiga setelah mencuci wajah dan menunggu wajah sampai benar-benar kering kembali adalah menggunakan toner. Toner fungsinya untuk menyegarkan dan mengembalikan pH kulit.

Toner juga sebagai pembersih step selanjutnya untuk memastikan bahwa tidak ada sisa-sisa make up di wajah.

4. Moisturizer yang ringan

Produk skincare selanjutnya ada moisturizer yang berguna untuk tetap menjaga kelembaban kulit wajah. Produk moisturizer ada juga yang dipakai sebagai base make up dan diperkaya dengan kandungan alami. Gunakan moisturizer yang ringan untuk tetap menjaga kesehatan kulit.

5. Sun protection

Tahap skincare yang selanjutnya adalah sun protection yang berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari jahat.

Penuaan tidak bisa dicegah seiring dengan bertambahnya usia. Polusi dan radikal bebas adalah musuh utama kesehatan kulit selain dari sisa-sisa make up yang tidak dibersihkan dengan baik. Pilih sun protection yang mengandung SPF dan PA untuk melindungi epidermis dari sinar UVA.

6. Eye Cream

Lingkaran hitam dibawah mata ada yang sifatnya genetik dan tidak bisa hilang secara instan. Lingkaran hitam pada area mata membutuhkan perawatan yang lebih ekstra dibandingkan dengan area kulit wajah lainnya. Gunakan eye cream supaya lebih kencang dan bebas dari kerutan, untuk tampilan yang lebih awet muda.

Perawatan di usia 20 tahun menggunakan skincare berfokus pada pencegahan masalah kulit yang mungkin muncul di masa pubertas.

Sementara menurut situs kecantikan storie.id disebutkan bahwa pada usia 30 tahun, penggunaan skincare cenderung untuk perawatan kulit yang lebih mendalam karena pada usia tersebut permasalahan kulit jadi lebih kompleks. Di usia 30 tahunan perlu ada tambahan tahap skincare, yaitu serium. Serum akan membantu menghaluskan kulit, mengatasi keriput dan mencerahkan wajah.