le mineral
Pentingnya peran minum air bagi kesehatan gisadmin - December 12, 2017

Melihat Pentingnya Peran Mineral Bagi Tubuh

Mineral merupakan unsur kimia yang diperlukan oleh manusia sebagai nutrisi esensial dalam mendukung proses tumbuh dan berkembang. Mineral pada dasarnya memiliki komposisi unsur murni serta garam sederhana yang sangat kompleks dengan beragam jenis bentuk. Mineral adalah unsur kimia individu yang tidak bisa rusak yang berasal dari bumi dan tidak bisa diproduksi oleh makhluk hidup. Sebagian besar mineral dalam makanan manusia berasal dari tumbuhan, hewan, atau dari air minum. Berdasarkan pada takaran jumlah mineral yang diperlukan per harinya, mineral bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Makroelemen (Mineral Makro)

Mineral makro merupakan mineral paling utama yang dibutuhkan dalam jumlah yang cukup banyak yakni diperkirakan lebih dari 100 mg. Yang termasuk sebagai mineral makro di antaranya magnesium, kalsium, kalium, fosfor, sulfur, natrium, serta klorida.

Mikroelemen (Mineral Mikro)

Kebutuhan Mineral mikro tidak sebanyak mineral makro, yakni sekitar kurang dari 100 mg per hari. Ada sembilan jenis mineral yang termasuk dalam kategori ini, diantaranya: zat besi, fluoride, mangan, seng, yodium, selenium, tembaga, molibdenum, serta kromium. Selain itu ada pula mineral lain yang dibutuhkan, dalam jumlah yang lebih kecil lagi, yakni kurang dari 1 mg per hari, yaitu selenium, yodium, boron dan lain-lain.

Peran Mineral Bagi Tubuh

Mineral memiliki fungsi yang penting bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah untuk menjaga metabolisme tubuh dan pencernaan. Namun selain itu, masih banyak peran mineral bagi tubuh yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Berperan dalam proses pembangunan sel.
2. Kontraksi pada otot dan respon saraf.
3. Melindungi fungsi otak.
4. Melindungi kesehatan tulang.
5. Melindungi keseimbangan air serta asam basa dalam darah.
6. Membantu dalam pembentukan antibodi.
7. Membantu menjaga kesehatan otot, jantung, serta saraf.
8. Membuat kerangka tubuh, otot, dan gigi.
9. Memelihara, mengeraskan, serta mengatur tulang dan proses faal pada tubuh.
10. Mencegah nyeri otot.
11. Mengangkut oksigen ke semua tubuh.
12. Mengatur tekanan osmotik pada tubuh.
13. Menghasilkan beragam jenis enzim.
14. Pembentukan struktur jaringan lunak serta keras, dalam kerja sistem enzim.
15. Sebagai aktivator yang berperan dalam enzim serta hormon.
16. Sebagai katalis pada beragam proses biokimia yang terjadi pada tubuh.

 

Dampak Tubuh Kekurangan Mineral Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui peran mineral bagi tubuh, Anda perlu juga mengetahui efek dari kekurangan mineral bagi tubuh. Mineral dapat hilang dari tubuh kita melalui proses keluarnya urin, keringat, rambut, dan kuku yang tumbuh. Bila tubuh kekurangan mineral, bisa menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh sehingga mengganggu kesehatan dan kebugaran tubuh, dan mudah terserang penyakit. Berikut ini beberapa gangguan keserhatan yang bisa muncul bila tubuh kekurangan mineral:

1. Diare
2. Detak jantung tidak teratur
3. Kehilangan selera makan
4. Kesemutan atau mati rasa pada anggota badan seperti lengan dan tungkai
5. Kram otot
6. Kurangnya konsentrasi
7. Mual dan muntah
8. Mudah lelah atau lemah
9. Penurunan sistem kekebalan tubuh
10.Sembelit, kembung, atau sakit perut

Mineral paling baik dipasok dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu yang memiliki kandungan akan unsur kimia yang dikehendaki. Beberapa makanan yang mengandung mineral yang baik untuk tubuh adalah ikan, sayur-mayur, buah-buahan, telur, kedelai, dan susu. Selain itu, Anda juga bisa menambah asupan mineral dari air mineral.

Air mineral sendiri adalah air minum dalam kemasan yang memiliki kandungan mineral alami yang baik untuk tubuh. Air mineral yang baik berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih yang terfilter secara alami ke dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta batuan yang kaya mineral.

Salah satu air mineral yang baik untuk dikonsumsi adalah Le Minerale yang memiliki kandungan mineral alami dan memberikan kesegaran khas air mineral pegunungan. Air mineral dari Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya menggunakan teknologi mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia sehingga kandungan mineral tetap terlindungi sampai ke tangan masyarakat. Kandungan mineral alami yang terkandung di Le Minerale antara lain Magnesium (Mg), Calcium (Ca), Potassium (K), dan Sodium (Na) yang masing-masing memiliki manfaat bagi tubuh.

Anda tak perlu khawatir bila mengonsumsi Le Minerale, karena Le Minerale telah memenuhi persyaratan air minum yang layak untuk dikonsumsi. Bahkan pada kemasannya, juga sudah tertera logo Halal dari MUI. Le Minerale juga telah lulus standar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM.). Sistem kemasannya pun termodifikasi dengan pembungkus tutup botol (seal cap) dan kerasnya botol sebelum dibuka untuk mencegah pemalsuan, sehingga makin meyakinkan masyarakat jika minuman mineral ini aman untuk dikonsumsi.

Logo
 Gerakan Indonesia Sehat bersama Le Minerale

Gerakan Indonesia Sehat merupakah sebuah campaign tahunan yang digagas olehLe Minerale sejak tahun 2016. Gerakan Indonesia Sehat bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan cara Move Right, Eat Right dan Drink Right.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa gaya hidup sehat itu cukup sulit. Di sini, Gerakan Indonesia Sehat ingin menunjukkan bahwa menjadi sehat itu ternyata mudah dan menyenangkan! Yuk share cara #MoveRight, #EatRight, dan #DrinkRight ala kamu! Karena di sini, GIS akan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pola hidup sehat yang mudah!