le mineral
Manfaat Mineral Alami Bagi Kesehatan Kulit gisadmin - February 12, 2018

Ketahui Manfaat Mineral Alami Bagi Kesehatan Kulit

Selain vitamin, tubuh kita juga membutuhkan mineral alami. Mineral alami adalah zat padat yang tersusun dari senyawa kimia yang terbentuk secara alami oleh peristiwa anorganik. Mineral alami memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti mengoptimalkan proses kerja organ-organ tubuh hingga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Umumnya, mineral dibutuhkan dalam jumlah yang kecil. Agar kamu lebih memahami tentang mineral alami dan manfaatnya bagi kulit, mari simak ulasan berikut ini!

1. Selenium

Selenium adalah mineral alami yang berperan penting dalam pencegahan kanker kulit. Umumnya, mineral ini beredar di pasaran dalam bentuk krim atau suplemen. Selenium dipercaya dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Menurut sebuah penelitian di Perancis, mengkonsumsi selenium dan tembaga dapat mencegah terbakarnya sel kulit karena sinar matahari.

Sedangkan dalam penelitian lain yang terbit dalam The Journal of the American Medical Association pada 1996 lalu, mengungkapkan bahwa pasien yang mengonsumsi 200 mikrogram selenium setiap hari memiliki risiko kematian karena kanker kulit 50% lebih rendah dari yang tidak.

2. Tembaga

Tembaga, vitamin C dan seng diperlukan sebagai penyokong struktur kulit dari dalam dan membantu pembentukan elastin. Mineral yang satu ini dianggap berbahaya oleh banyak dokter jika dikonsumsi secara berlebihan. Tapi, pemakaian krim tropical yang kaya akan tembaga masih dianggap aman. Sedangkan menurut empat studi dalam American Academy of Dermatology Annual Meeting 2002 krim dengan kandungan tembaga dapat membantu mengencangkan dan mengembalikan elastisitas kulit.

3. Seng atau Zinc

Kandungan seng atau yang juga dikenal sebagai Zinc, ternyata memiliki banyak manfaat bagi kulit. Beberapa di antaranya adalah membantu mengontrol produksi minyak, menyembuhkan jerawat lebih cepat, mengatasi luka akibat jerawat, pembentukan membran sel dan protein, anti peradangan, hingga perlindungan kulit dari sinar UV. Mineral ini dapat kamu temui di pasaran, baik dalam bentuk suplemen, krim topikal, atau di dalam makanan seperti tiram, ginjal, liver, daging merah, dan kacang-kacangan.

4. Sulfur

Sulfur adalah mineral ketiga terbanyak di dalam tubuh manusia yang terbentuk secara alami. Zat ini diperlukan dalam sintesis kolagen dan sintesis glutathione. Kurangnya produksi kolagen pada tubuh dapat menimbulkan terbentuknya keriput. Sedangkan, sintetis glutathione adalah salah satu antioksidan yang diperlukan untuk melawan radikal bebas.

Glutathione juga berfungsi untuk membantu mengatur produksi prostaglandins, mengurangi inflamasi dan gejalanya pada kulit. Menurut University of Pittsburgh Medical Center, Sulfur juga mampu membantu pengelupasan sel kulit mati.

5. Magnesium

Magnesium adalah mineral esensial dalam pembentukan kulit, gigi, rambut, dan otot. Mineral ini berfungsi untuk membantu agar sistem syaraf berjalan optimal. Dalam dunia kecantikan, magnesium dapat membantu meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit. Beberapa makanan yang mengandung magnesium antara lain beras merah, almond, dan kacang-kacangan.

Kekurangan zat ini dapat mempercepat penuaan kulit, karena itu kurangi mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi magnesium di dalam tubuh, seperti makanan cepat saji, soft drink, dan alkohol.

6. Potasium

Potasium merupakan elektrolit yang berfungsi mengatur kadar air dalam sel tubuh dan membantu sel agar berfungsi normal. Mineral yang satu ini dapat menyebabkan kulit kering dan masalah lainnya, meski kasusnya cukup jarang terjadi.

7. Kalsium

Selain tulang, kalsium juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kalsium yang paling banyak ditemukan di lapisan epidermis membantu mempercepat regenerasi kulit. Selain itu, menurut National Cancer Research Institute di Amerika, kalsium juga dapat membantu mencegah kanker kulit meski bukan termasuk antioksidan. Hal ini diduga berkaitan dengan manfaat kalsium yang dapat menstimulasi pembentukan antioksidan dan mengatur pigmen kulit untuk melindunginya dari sinar UV.

8. Silika

Silika terkait dengan kerja enzim yang dibutuhkan dalam pembentukan kolagen. Mineral ini berfungsi menguatkan jaringan-jaringan penghubung di dalam tubuh.

Tentunya banyak sekali fungsi mineral alami bagi tubuh kita. Oleh karena itu, kamu perlu minum air yang mengandung mineral dari pegunungan setiap hari demi menjaga kesehatan kulit. Tidak sulit menemukan air mineral di pasaran, karena banyak produsen air minum yang memproduksi air mineral dalam kemasan botol, salah satunya adalah Le Minerale. Air mineral ini sudah hadir sejak 2015.

Le Minerale merupakan produk air mineral dalam kemasan yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya, yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Mayora Group. Le Minerale berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih yang mengandung berbagai macam mineral alami termasuk mineral bikarbonat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Proses pengemasannya sendiri dibuat khusus dengan menggunakan teknologi perlindungan air mineral pertama di Indonesia yaitu Mineral Protection System. Selain itu, Le Minerale memiliki pembungkus tutup botol (seal cap) untuk mencegah pemalsuan dan menjaga kualitas kandungan air mineralnya tetap utuh sampai ke konsumen.

Logo
 Gerakan Indonesia Sehat bersama Le Minerale

Gerakan Indonesia Sehat merupakah sebuah campaign tahunan yang digagas olehLe Minerale sejak tahun 2016. Gerakan Indonesia Sehat bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan cara Move Right, Eat Right dan Drink Right.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa gaya hidup sehat itu cukup sulit. Di sini, Gerakan Indonesia Sehat ingin menunjukkan bahwa menjadi sehat itu ternyata mudah dan menyenangkan! Yuk share cara #MoveRight, #EatRight, dan #DrinkRight ala kamu! Karena di sini, GIS akan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pola hidup sehat yang mudah!