le mineral
Jangan Sepelekan, Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Radang Usus Buntu Lho! gisadmin - March 22, 2018

Jangan Sepelekan, Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Radang Usus Buntu Lho!

Air menjadi elemen yang cukup penting dalam tubuh manusia. Maka dari itu, penting sekali untuk minum air dan mendapatkan asupan cairan yang cukup setiap harinya. Bila tubuh kurang mendapatkan cairan tentunya bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan manusia, salah satunya bisa memicu terjadinya usus buntu. Bagaimana bisa? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengapa Kurang Minum Bisa Sebabkan Usus Buntu?

Yang perlu diketahui, usus buntu bukanlah nama penyakit. Usus dalam tubuh manusia terdiri dari beberapa macam, mulai dari usus halus, usus buntu, dan usus besar. Usus buntu sendiri adalah organ yang berbentuk kantong kecil dan tipis berukuran 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar yang letaknya berada di perut kanan bawah. Bila di bagian usus buntu ini terjadi peradangan, maka bisa menimbulkan gejala dan menyebabkan radang usus buntu atau appendisitis.

Salah satu penyebab radang usus buntu adalah adanya penyumbatan yang terjadi pada saluran usus buntu. Penyebab penyumbatan tersering pada saluran usus buntu disebabkan karena adanya feses yang sudah mengeras yang disebabkan adanya penumpukan feses di dalam saluran cerna. Feses semacam ini sering disebut sebagai fecalith. Fecalith yang ada di dalam usus bisa terjebak masuk dan akhirnya menyumbat ke dalam usus buntu.

Penyebab munculnya fecalith disebabkan karena adanya sembelit (susah buang air besar) yang berlangsung lama. Banyak orang yang menganggap jika sembelit bisa disembuhkan dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat.

Sebenarnya, meski seseorang telah mengonsumsi banyak serat sekalipun, tetapi tidak dibarengi dengan  asupan cairan yang cukup, maka radang usus buntu bisa saja terjadi. Hal ini bisa terjadi karena serat di dalam tubuh memerlukan air untuk mengembang dan menekan feses keluar dari dalam tubuh. Di usus sendiri, serat bentuknya seperti gumpalan, sehingga ketika asupan cairan terpenuhi maka serat bisa mengembang dan mendorong usus mengeluarkan feses sehingga Buang Air Besar (BAB) menjadi lancar. Kalau kurang cairan bisa membuat seratnya menumpuk dan memicu radang di usus buntu.

Sembelit sendiri terjadi karena kondisi feses yang mengeras yang disebabkan karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh sehingga membuat feses sulit dikeluarkan dan akhirnya terjebak di dalam saluran cerna. Terjadinya fecalith bisa dicegah dengan menghindari sembelit. Caranya yakni dengan meningkatkan konsumsi serat dan cairan, khususnya banyak mengonsumsi air mineral.

Kadar serat dan cairan yang cukup bisa membuat feses lunak sehingga tidak akan sampai mengeras dan terjebak di dalam usus buntu. Untuk menghindari sembelit, kamu perlu banyak mengonsumsi makanan tinggi serat agar mempercepat keluarnya feses sehingga tidak terjadi sembelit berkepanjangan. Ditambah dengan mengonsumsi air mineral bisa membuat feses kaya akan kandungan cairan, sehingga menjadi lunak dan mudah dikeluarkan.

Konsumsi Air Minum Sehat yang Berkualitas untuk Sehari-hari

Dalam memilih air minum sehat ada banyak faktor yang perlu kamu perhatikan. Faktor dari air minum sehat atau layak konsumsi yang paling mudah bisa kamu amati dari fisiknya seperti tidak berbau dan berwarna (jernih), tidak keruh, serta tidak ada endapan. Bila kamu menemukan air minum dengan kondisi selain yang disebutkan di atas, maka bisa dipastikan air tersebut bukanlah air minum yang baik untuk kamu konsumsi.

Salah satu air minum sehat yang bisa kamu pilih, yakni Le Minerale salah satu produk keluaran Mayora. Merupakan air mineral dari pegunungan terpilih yang mengandung mineral alami yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga memiliki kesegaran khas yang ditandai dengan sedikit rasa manis. Kandungan mineral alami yang terkandung di Le Minerale yaitu Magnesium (Mg), Calcium (Ca), Potassium (K), Sodium (Na), dan Bikarbonat (HCO3–) yang masing-masing memiliki manfaat bagi tubuh.

Le Minerale telah memenuhi persyaratan air minum yang layak untuk dikonsumsi. Pada kemasannya pun, juga sudah tertera logo Halal dari MUI dan sudah sesuai dengan standar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga, Le Minerale aman dan layak untuk dikonsumsi  

Logo
 Gerakan Indonesia Sehat bersama Le Minerale

Gerakan Indonesia Sehat merupakah sebuah campaign tahunan yang digagas olehLe Minerale sejak tahun 2016. Gerakan Indonesia Sehat bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan cara Move Right, Eat Right dan Drink Right.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa gaya hidup sehat itu cukup sulit. Di sini, Gerakan Indonesia Sehat ingin menunjukkan bahwa menjadi sehat itu ternyata mudah dan menyenangkan! Yuk share cara #MoveRight, #EatRight, dan #DrinkRight ala kamu! Karena di sini, GIS akan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pola hidup sehat yang mudah!