le mineral
Dampak Minum Air Es untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui gisadmin - March 22, 2018

Dampak Minum Air Es untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Ketika hamil, kamu pasti banyak mendengar informasi terkait kehamilan yang berasal dari berbagai sumber, baik orang tua, sahabat, maupun internet. Salah satu informasi yang mungkin kamu dengar adalah anggapan yang mengatakan jika ibu hamil yang gemar minum es bisa membuat bayi yang berada didalam kandungan menjadi gemuk atau besar. Dan bahkan, sebagian besar ibu hamil banyak yang mempercayai akan hal itu. Sebenarnya apakah informasi tersebut benar atau tidak?

Perlu diketahui, selama hamil wanita harus mengonsumsi air minum yang cukup untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Kebutuhan akan air setiap harinya bergantung dari beberapa faktor, seperti berat badan dan aktivitas ibu hamil itu sendiri. Terlepas dari meminum air es atau air hangat, sebenarnya tidak ada bedanya. Sebenarnya, anggapan es bisa membuat bayi yang dikandung jadi gemuk itu tidak ada hubungannya.

Pada umumnya, ukuran dan berat badan bayi dilatarbelakangi oleh faktor-faktor, seperti:

  1. Bayi laki-laki cenderung memiliki berat badan lebih tinggi daripada bayi perempuan.
  2. Bayi lahir melebihi waktu yang diperkirakan.
  3. Genetik. Orang tua yang berbadan besar atau memiliki berat badan berlebih berpeluang memiliki anak berukuran lebih besar juga.
  4. Ibu yang pernah melahirkan bayi berberat badan besar cenderung melahirkan bayi selanjutnya dengan berat badan yang besar juga.

Sebenarnya, minum air es saat hamil bisa membantu merangsang pergerakan bayi di dalam kandungan. Bila kamu merasa khawatir sang bayi dalam kandunganmu tidak memberikan pergerakan bayi seperti biasanya, minum es saat hamil bisa merangsang bayi untuk bergerak. Hal ini dikarenakan sang bayi bisa merasakan dinginnya es dan cenderung untuk menghindarinya.

Minum Es saat Hamil Juga Memicu Risiko

Minum es yang membahayakan ibu hamil, yakni bila es batu yang dimasukkan ke gelas air minum ternyata berasal dari air yang belum dimasak atau tercemar. Hal ini bisa saja terjadi ketika kamu makan di luar dan memesan minuman dengan es batu yang tidak diketahui cara pengolahannya. Banyak juga ibu hamil yang senang mengonsumsi air dingin dalam bentuk es teh manis, es teler, es campur atau sirup yang mengandung gula.  Gula ini yang memicu bayi atau ibunya sekalipun bertambah besar.

Hal ini karena gula yang dikonsumsi termasuk pada kategori karbohidrat sederhana. Karbohidrat dan lemak jenis ini bisa membuat berat badan bertambah. Bila saat hamil, kamu memang sedang ingin mengonsumsi air dingin, sebaiknya jangan campur air dengan es batu. Konsumsilah minuman es di dalam kemasan seperti minuman botol atau kaleng yang sudah didinginkan. Sebelum mengonsumsi minuman dingin tersebut, kamu harus memastikan kemasan dan segel tidak rusak untuk mencegah adanya kontaminasi.

Minuman yang Baik untuk Ibu Hamil

  1. Air kelapa. Air kelapa bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu mengurangi kelelahan, mencegah infeksi saluran kencing, melancarkan sirkulasi darah, dan mengatasi konstipasi.
  2. Air mineral. Minum air mineral setiap hari sesuai dengan kebutuhanmu dan perbanyak meminumnya di siang hari dan kurangi di malam hari untuk mencegah buang air kecil terlalu sering.
  3. Jus buah.  Jus buah di sini adalah jus dari buah murni tanpa campuran gula atau susu kental manis atau pemanis buatan lainnya. Jus yang berasal dari buah yang tidak ada campuran pemanis sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin, karena memiliki banyak kandugan vitamin.
  4. Susu. Susu memiliki kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil khususnya untuk tumbuh kembang bayi. Selain itu, susu ibu hamil juga memiliki banyak kandungan lain yang sangat diperlukan oleh tubuh ibu maupun janin.

Ketika hamil, sebisa mungkin hindari minuman bersoda dan berkarbonasi, karena jenis minuman ini memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Disarankan juga untuk tidak mengonsumsi kopi atau teh, karena sama-sama bersifat diuretic dan bisa membuat kamu sering buang air kecil. Kesimpulannya, minum es saat hamil tidaklah berbahaya, asalkan kebersihan es batu terjamin dan kamu mengonsumsi jenis minuman yang tepat.

Konsumsi Air Mineral yang Tepat

Ibu hamil disarankan untuk rutin meminum air mineral, karena berguna untuk menghindari mual, pusing hingga gangguan pencernaan. Ibu hamil yang rutin mengonsumsi air mineral bisa merasakan manfaat seperti untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, mencegah kelelahan dan sakit kepala, dan memenuhi tuntutan produksi ASI.

Salah satu air mineral yang bisa kamu konsumsi adalah air minum Le Minerale. Air minum Le Minerale cukup aman dikonsumsi karena berasal dari air pegunungan terpilih yang diambil dari kedalaman 100 meter dan dibotolkan langsung di sumbernya, kandungan mineral dan kualitas air pastinya lebih terjaga. Selain itu, Le Minerale pun juga dikemas dan disegel langsung untuk cegah pemalsuan. Produk air mineral dalam kemasan yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya, yang merupakan salah satu anak perusahaan dari PT. Mayora Indah, Tbk ini mengandung Magnesium yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sodium membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh. Potasium berfungsi untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Selain itu, ada kandungan bikarbonat (HCO3–) yang juga penting untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Tidak hanya itu, Le Minerale juga telah memenuhi standar air minum layak konsumsi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan terbukti halal dengan adanya logo “Halal” dari MUI.

Logo
 Gerakan Indonesia Sehat bersama Le Minerale

Gerakan Indonesia Sehat merupakah sebuah campaign tahunan yang digagas olehLe Minerale sejak tahun 2016. Gerakan Indonesia Sehat bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan cara Move Right, Eat Right dan Drink Right.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa gaya hidup sehat itu cukup sulit. Di sini, Gerakan Indonesia Sehat ingin menunjukkan bahwa menjadi sehat itu ternyata mudah dan menyenangkan! Yuk share cara #MoveRight, #EatRight, dan #DrinkRight ala kamu! Karena di sini, GIS akan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pola hidup sehat yang mudah!