le mineral
Cari Tahu Fakta Tentang Air Mineral & Air Rebusan gisadmin - March 5, 2018

Cari Tahu Fakta Tentang Air Mineral & Air Rebusan

Di Indonesia, air rebusan merupakan salah satu sumber air minum yang cukup favorit dan sudah menjadi budaya berabad-abad. Sejak dahulu kala, orang-orang Indonesia memang gemar merebus untuk konsumsi sehari-hari. Tapi seiring berjalannya waktu dan teknologi juga sudah maju, muncullah air mineral dalam kemasan dengan berbagai merek di pasaran, salah satunya adalah Le Minerale berasal dari pegunungan terpilih.

Meskipun begitu, masih ada perdebatan panjang mengenai manakah yang lebih sehat, air mineral ataupun air rebusan. Menurut Sari Bahagiarti Kusumayudha, seorang ahli hidrogeologi dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, baik air rebusan maupun air minum kemasan yang aman sama-sama bisa dikonsumsi. Asalkan, kita bisa tahu secara pasti mengenai sumber dan kualitasnya. Untuk hal ini tentunya diperlukan tes lebih lanjut. Lantas, adakah perbedaan air mineral dan rebusan yang perlu kita ketahui? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Kandungan Mineral

Kandungan mineral antara air minum kemasan yang aman dengan air rebusan tentunya cukup berbeda. Sesuai dengan namanya, air mineral merupakan air dalam kemasan yang diperkaya dengan berbagai mineral, seperti Magnesium, Potasium, Bikarbonat, dan masih banyak lagi. Lain halnya dengan air rebusan. Kita tidak bisa mengetahui langsung kandungannya, kecuali lewat uji laboratorium yang tentunya memakan biaya yang cenderung lebih tinggi.

Berbagai mineral yang terkandung di dalam air mineral ini sangatlah dibutuhkan untuk tubuh, terutama untuk membuat kinerja organ-organ di dalam tubuh optimal. Mineral ini berfungsi untuk memicu berbagai reaksi biologis seperti pencernaan, metabolisme, dan juga penyerapan semua nutrisi yang ada di makanan.

2. Proses Untuk Mendapatkannya

Dari segi proses untuk mendapatkannya, terdapat perbedaan yang sangat besar antara air rebusan maupun air mineral. Untuk memperoleh air rebusan, kamu perlu mencari sumber air yang bersih dan bebas dari zat kimia, lalu direbus dengan menggunakan api hingga mendidih. Setelah proses tersebut, barulah air tersebut bisa dikonsumsi.

Sedangkan air mineral dalam kemasan diambil langsung dari kedalaman tertentu yang membuatnya lebih segar dan kandungan mineralnya juga lebih terjaga. Contohnya Le Minerale, yang menggunakan air pegunungan yang diambil langsung dari kedalaman 100 meter di bawah tanah.

3. Risiko Terjadinya Kontaminasi

Kontaminasi air tentunya menjadi masalah yang cukup serius, apalagi terkait dengan air yang kamu minum sehari-hari. Meskipun terlihat jernih, kita belum bisa sepenuhnya yakin dengan kontaminasi yang terjadi. Apalagi kalau setelah kamu merebus air lalu membiarkannya terbuka. Bisa saja bakteri dan mikroorganisme yang sebelumnya telah mati bisa kembali lagi.

Berbeda halnya dengan air mineral dalam kemasan, yang biasanya telah melalui uji klinis dan juga laboratorium terlebih dahulu. Kontrol terhadap kualitas juga menjadikannya lebih aman, karena langsung dibotolkan dan disegel dengan alat khusus yang lebih modern.

4. Efektivitas

Dari segi efektivitas, antara air rebusan dan juga air minum kemasan yang aman pun jelas berbeda. Jika dengan air rebusan kamu membutuhkan waktu yang cenderung lama hanya untuk mendapatkan air rebusan, maka dengan air mineral dalam kemasan waktu yang terbuang tersebut bisa kamu hemat dan manfaatkan dengan aktivitas lain. Belum lagi risiko terjadinya kebakaran karena merebus air bisa terjadi. Sehingga, air minum dalam kemasan memang lebih direkomendasikan, apalagi untuk kamu yang mobilitasnya tinggi.

Wah, ternyata cukup banyak juga ya perbedaan antara air rebusan dan juga air mineral? Setelah mengetahuinya, kini pilihan ada di tangan kamu. Mau tetap menggunakan air rebusan atau beralih ke air minum kemasan yang aman. Keduanya tidak ada yang salah, asalkan cara memproses dan penyimpanannya dilakukan dengan benar. Kalau memang kamu ingin beralih ke air minum dalam kemasan, Le Minerale adalah pilihan yang tepat. Menggunakan teknologi yang canggih dan bebas dari campur tangan manusia, air Le Minerale dijamin kesegaran dan kandungan mineralnya sampai ke tangan kamu.

Logo
 Gerakan Indonesia Sehat bersama Le Minerale

Gerakan Indonesia Sehat merupakah sebuah campaign tahunan yang digagas olehLe Minerale sejak tahun 2016. Gerakan Indonesia Sehat bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan cara Move Right, Eat Right dan Drink Right.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa gaya hidup sehat itu cukup sulit. Di sini, Gerakan Indonesia Sehat ingin menunjukkan bahwa menjadi sehat itu ternyata mudah dan menyenangkan! Yuk share cara #MoveRight, #EatRight, dan #DrinkRight ala kamu! Karena di sini, GIS akan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pola hidup sehat yang mudah!