le mineral
Cara Mengetahui Kebutuhan Air Minum Bagi Tubuh gisadmin - January 18, 2018

Cara Mengetahui Kebutuhan Air Minum Bagi Tubuh

Sebenarnya kebutuhan asupan air pada setiap orang berbeda satu sama lain. Tentunya, tidak mudah untuk mengetahui takaran yang sesuai demi mencegah seseorang kekurangan cairan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Hal ini karena banyaknya cairan yang diperlukan, tergantung dari berat badan, pola makan sehari-hari, hingga aktivitas yang dilakukan tubuh. Bagi kamu yang penasaran apakah kebutuhan cairan kamu sudah tercukupi atau belum, ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui jumlah cairan yang diperlukan tubuh dalam keadaan normal setiap harinya.

Timbang Berat Badan

Pastinya setiap orang memiliki berat badan yang berbeda, dan kebutuhan akan cairannya pun bisa saja berbeda. Contohnya, seperti orang dengan berat badan 45 kg tidak perlu meminum air yang jumlahnya sebanyak orang yang memiliki bobot 70 kg.

Bagi Per 30

Cara selanjutnya adalah dengan membagi berat badan kamu dengan angka 30. Hasilnya bisa menjadi jumlah liter air yang perlu kamu minum per harinya. Sebagai contoh, jika berat kamu 60 kg, maka jika dibagi dengan 30, berarti air yang harus kamu minum adalah sebanyak 2 liter. Sementara jika berat badan kamu 80 kg, maka 80 : 30 = 2,6, berarti jumlah air yang sebaiknya kamu minum adalah 2 liter 600 ml air. Sementara bila berat badan kamu adalah 45 kg, air yang perlu diminum sebanyak 1,5 liter.

Perhatikan Aktivitas Fisik

Bila kamu melakukan olahraga, tubuh akan kehilangan cairan melalui keluarnya keringat. Maka dari itu, kamu perlu menambah asupan air sesuai durasi olahraga yang dilakukan. Sangat disarankan untuk kamu menambah sekitar 350 ml air pada setiap sesi olahraga yang dilakukan selama 0,5 jam. Jadi,  apabila kamu melakukan olahraga selama satu jam maka asupan air yang perlu ditambah adalah 0,7liter atau setara 700 ml.  Selain itu, jika lebih banyak bekerja di bawah terik matahari dan melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat, ada baiknya memperbanyak jumlah asupan air.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Air

Bila kamu disarankan minum air sebanyak 1,5 atau 2 liter, itu bukan berarti kamu harus memenuhinya dengan minum air putih sebanyak itu. Kebutuhan cairan juga bisa terpenuhi lewat makanan. Diperkirakan sebanyak 20-25 persen asupan air berasal dari makanan yang kamu makan, seperti buah-buahan, sayuran, atau makanan berkuah. Sementara sisanya, harus dipenuhi dari minuman dan diutamakan yang dikonsumsi adalah air mineral.

Salah satu contoh makanan yang mengandung air adalah buah jeruk dan apel. Buah jeruk seberat 140gram mengandung sekitar 122 ml air. Sementara dalam satu butir apel ukuran sedang memiliki kandungan sekitar 116 ml air. Sedangkan sayuran rata-rata memiliki kandungan air sekitar 19 hingga 114 ml.

Dalam mengonsumsi air minum, kamu harus jeli dalam memilih air minum yang sehat. Karena jika salah meminumnya, bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah air minum yang hendak kamu konsumsi termasuk air minum sehat dengan mengenalinya dari ciri-ciri fisik air.

Setidaknya ada 4 ciri air minum sehat, yakni tidak berwarna, tidak berbaudan bebas endapan. Empat ciri air minum sehat itulah yang menjadi salah satu pedoman paling mudah dalam menentukan air minum sehat yang baik untuk kesehatan.

Le Minerale menjadi salah satu produsen air minum sehat yang telah dipercaya oleh banyak konsumen. Karena berasal dari sumber mata air terpilih,

Untuk memastikan tubuh selalu sehat, di samping harus mengonsumsi air mineral yang berkualitas seperti Le Minerale kamu juga harus mengimbangi pola hidup yang sehat. Untuk menerapkan pola hidup sehat, kamu bisa menjalankan 3 pilar, yakni move right (olahraga secara teratur), eat right (konsumsi makanan bergizi seimbang), dan drink right (konsumsi air minum yang mengandung mineral alami).

Tiga pilar inilah yang diperkenalkan oleh Le Minerale. Gasasan Le Minerale ini adalah bagian dari Gerakan Indonesia Sehat yang merupakan sebuah campaign tahunan yang telah ada sejak tahun 2016 dan memiiki tujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat. Campaign diselenggarakan bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang bertujuan untuk membuka mata masyarakat luas, bahwa kualitas hidup yang baik diawali dengan gaya hidup sehat.

Logo
 Gerakan Indonesia Sehat bersama Le Minerale

Gerakan Indonesia Sehat merupakah sebuah campaign tahunan yang digagas olehLe Minerale sejak tahun 2016. Gerakan Indonesia Sehat bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan cara Move Right, Eat Right dan Drink Right.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa gaya hidup sehat itu cukup sulit. Di sini, Gerakan Indonesia Sehat ingin menunjukkan bahwa menjadi sehat itu ternyata mudah dan menyenangkan! Yuk share cara #MoveRight, #EatRight, dan #DrinkRight ala kamu! Karena di sini, GIS akan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pola hidup sehat yang mudah!