le mineral
Bolehkah Kita Merebus Air Mineral gisadmin - March 5, 2018

Bolehkah Kita Merebus Air Mineral?

Dengan berkembangnya teknologi, informasipun menjadi lebih mudah didapatkan. Namun, informasi yang kamu dapatkan belum tentu sesuai dengan kenyataannya. Bisa jadi hal tersebut hanyalah berita bohong atau hoax. Salah satu berita yang beberapa waktu belakangan ini sedang marak adalah tentang bahaya di balik merebus air mineral. Dalam sebuah post yang diteruskan dari akun ke akun di Facebook terdapat sebuah berita menggemparkan yang menyebutkan jika merebus kembali air mineral dalam kemasan sangat berbahaya, karena air tersebut jadi mengandung berbagai zat seperti arsenik, fluoride, hingga nitrat.

Beberapa zat berbahaya tersebut kabarnya akan muncul jika air mineral direbus hingga suhu 100 derajat atau mendidih. Paparan dengan arsenik dalam jumlah sedikit saja dapat menyebabkan tubuh keracunan dan mengalami gangguan kesehatan seperti kulit, jantung, ginjal, hingga kanker. Sedangkan, nitrat diketahui sebagai zat yang berubah jadi zat penyebab jika dipanaskan dengan suhu tinggi dan fluoride dapat dapat mempengaruhi kinerja otak pada anak. Tapi benarkah keberadaan zat tersebut di air mineral akan terdeteksi ketika direbus kembali?

Sudah banyak sekali media lokal, blog, hingga koran yang memberitakan tentang hal ini. Tetapi baru-baru ini salah satu media online terbesar di Indonesia membuat investigasi khusus mengenai hal ini. Setelah menghubungi Agus Haryono, Ketua Pusat Penelitian Kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), titik cerahpun akhirnya didapatkan.

Ia mengungkapkan jika proses pemanasan memang benar bisa mempengaruhi komposisi mineral dan zat lainnya di dalam air. Hal tersebut disebabkan adanya tubrukan antar zat yang terjadi di media air yang telah dipanaskan.

Meskipun demikian, Agus juga mengungkapkan jika setelah pemanasan pertama hingga seterusnya, tidak akan ada zat baru yang akan muncul begitu saja di dalam air yang direbus kembali. Tidak akan ada zat berbahaya yang akan muncul begitu saja, kecuali memang sengaja ditambahkan sejak di awal pemanasan.

Oleh karena itu, kabar yang menyebutkan jika air mineral yang direbus kembali memiliki kandungan arsenik, fluoride, dan juga nitrat tidak bisa dijamin kebenarannya alias hoax. Kecuali memang ketiga zat berbahaya tersebut ditambahkan di air ketika akan dipanaskan.

Nah, untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu juga memerhatikan cara perebusan kembali air mineral Le Minerale, seperti:

1.Wadah yang digunakan untuk merebus harus dalam keadaan bersih

Jangan pernah menggunakan ceret atau pemanas air dalam keadaan kotor. Jika memang ada air sisa yang ada di dalamnya, sebaiknya kamu membuangnya terlebih dahulu lalu mencucinya dengan cairan pembersih di bawah air mengalir. Sehingga, risiko kontaminasi air bisa diminimalisir.

2. Pastikan setelah merebus, air tersebut dalam keadaan tertutup

Air mineral yang direbus kembali juga berisiko terkontaminasi mikroorganisme atau zat berbahaya jika didinginkan dalam keadaan terbuka. Kalau kamu ingin menggunakannya untuk membuat kopi atau teh, segera tuangkan air tersebut ke cangkir lalu tutup dengan penutup cangkir atau mangkuk. Dengan begitu, airpun jadi lebih aman dan panas lebih lama.

3. Gunakan air mineral yang terpercaya

Saat ini sudah banyak air mineral yang beredar di pasaran, tetapi tidak semuanya baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, pilihlah merek terpercaya seperti air mineral Le Minerale, yang telah dikonsumsi jutaan rakyat Indonesia. Soal kualitas pun tidak perlu diragukan lagi, karena Le Minerale berasal dari sumber pegunungan terpilih yang mengandung mineral alami dan dikemas secara khusus. Sehingga, kandungan mineral yang terkandung didalam produk tetap utuh sampai ke tangan kita.

Jadi, setelah mengetahui kabar tentang air mineral di atas, kamu tidak perlu takut untuk merebusnya kembali ya. Merebus kembali air mineral dijamin aman asal dilakukan dengan benar. Tetap jaga konsumsi air harian agar kamu tetap sehat dan siap untuk beraktivitas.

 

Logo
 Gerakan Indonesia Sehat bersama Le Minerale

Gerakan Indonesia Sehat merupakah sebuah campaign tahunan yang digagas olehLe Minerale sejak tahun 2016. Gerakan Indonesia Sehat bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan cara Move Right, Eat Right dan Drink Right.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa gaya hidup sehat itu cukup sulit. Di sini, Gerakan Indonesia Sehat ingin menunjukkan bahwa menjadi sehat itu ternyata mudah dan menyenangkan! Yuk share cara #MoveRight, #EatRight, dan #DrinkRight ala kamu! Karena di sini, GIS akan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pola hidup sehat yang mudah!