le mineral
Alasan Pentingnya Air Bagi Tubuh gisadmin - January 18, 2018

Alasan Pentingnya Air Bagi Tubuh

Bila seseorang sedang merasa haus, pasti yang akan dilakukan adalah segera menenggak segelas air, untuk menghilangkan rasa haus. Tapi sesungguhnya, manfaat air dalam tubuh bukan hanya sekadar menghilangkan rasa dahaga. Sebagai zat gizi, air memiliki tugas penting bagi tubuh manusia. Air merupakan komponen penting dalam sel tubuh, diperkirakan komponen air pada tubuh janin sebanyak 90%, bayi normal sebesar 70-75%, remaja sebesar 55-60% dan orang dewasa sebesar 60-70% dari berat badan. Beberapa organ tubuh pun mengandung air, seperti paru-paru 90%, 80% pada  kulit, 70% pada otak, dan 82% pada darah.

Maka dari itu, setiap orang harus mencukupi kebutuhan cairan dari air. Tentunya kebutuhan asupan air mineral setiap orang akan sangat berbeda-beda. Hal ini ditentukan oleh beberapa faktor seperti aktivitas, iklim, usia, keadaan sedang sehat atau sakit, serta faktor menyusui. Bila kebutuhan air dalam tubuh tercukupi, yakni bisa mencegah timbulnya berbagai gangguan kesehatan serta membuat tubuh lebih sehat. Berikut adalah fungsi air bagi tubuh yang perlu kamu ketahui.

Pengatur Suhu Tubuh

Perlu diketahui jika air mampu menghasilkan panas, menyerap dan menghantarkan panas ke seluruh tubuh sehingga bisa menjaga suhu tubuh tetap stabil. Selain itu, air juga memproduksi keringat yang berguna untuk mendinginkan suhu tubuh.

Pembentuk Sel dan Cairan Tubuh

Air berfungsi dalam pembentukan berbagai cairan dalam tubuh, seperti darah, cairan lambung, hormon, enzim dan sebagainya. Selain itu, air juga berguna menjaga tegangan otot sehingga otot mampu berkontraksi.

Pelumas Sendi

Air juga berfungsi sebagai pelumas yang memungkinkan sendi untuk bergerak dengan baik dan meredam gesekan antar sendi. Fungsi lain yang harus kamu ketahui, antara lainsebagai bantalan tahan getar (shock absorbing fluid cushion) pada jaringan tubuh, misalnya pada mata, otak, dan kantong amniom dalam rahim.

Pelarut

Air berfungsi melarutkan zat-zat gizi lainnya dan membantu proses pencernaan makanan. Air merupakan zat anorganik yang tidak bisa dicerna. Oleh sebab itu, air bisa dengan cepat melewati usus halus dan berfungsi untuk mempermudah sisa zat makanan keluar sebagai feses.

Detoksifikasi

Tubuh manusia menghasilkan berbagai sisa metabolisme yang tidak diperlukan, termasuk toksin. Berbagai sisa metabolisme hanya bisa dikeluarkan melalui saluran kemih, saluran cerna, saluran nafas, dan kulit, yang memerlukan bantuan dari air.

Itulah 5 fungsi air bagi tubuh yang penting untuk diketahui. Semoga dengan informasi tersebut, Anda semakin mengetahui betapa pentingnya air bagi tubuh.  Salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan air pada tubuh adalah dengan minum air mineral. Air mineral yang layak dikonsumsi adalah yang memenuhi kriteria air minum berkualitas. Berikut ini kriteria air minum berkualitas yang harus diperhatikan.

Persyaratan Fisik

Persyaratan fisik yang bisa diperhatikan adalah tidak berbau dan berwarna (jernih), tidak keruh dan tidak berada dalam suhu tinggi, dan tidak mengandung bahan tersuspensi atau keruh.

Persyaratan Kimiawi

Kriteria air minum berkualitas selanjutnya harus dilihat dari kandungan yang ada di dalamnya. Air minum, dikatakan layak untuk dikonsumsi jika memiliki derajat keasaman (pH) dengan kisaran 7, tidak terdapat partikel terlarut dalam jumlah tinggi, dan tidak terdapat zat beracun seperti senyawa hidrokarbon dan detergen.

Persyaratan Mikrobiologis

Air yang berkualitas adalah yang tidak mengandung bakteri Coliform (E.Coli) dalam air. Karena bila di dalam air minum terdapat bakteri E.Coli dalam jumlah yang sangat banyak, itu menandakan jika kualitas air tersebut sangat rendah dan tercemar.

Ketiga kriteria air minum berkualitas di atas, adalah hal yang harus dipenuhi agar air mineral tersebut bisa layak untuk dikonsumsi. Bila ada dari salah satu kriteria air minum berkualitas di atas yang tidak terpenuhi, maka air minum yang kamu konsumsi bukanlah air minum berkualitas baik.

Salah satu air mineral yang bisa kamu pilih adalah Le Minerale yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya, salah satu anak perusahaan dari Mayora Group. Le Minerale yang berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih ini mengandung berbagai macam mineral alami yang baik untuk tubuh manusia. Le Minerale dikemas secara khusus dan disegel menggunakan teknologi minerale protection system untuk mencegah pemalsuan sehingga kandungan mineralnya tetap utuh sampai ke tangan masyarakat Indonesia.

Le Minerale sangat baik untuk dijadikan sebagai asupan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena kandungan mineral yang ada di dalamnya. Mineral alami yang ada di Le Minerale yakni kalsium berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang, magnesium berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, potasium berfungsi untuk membantu fungsi otot dan saraf, serta ada sedikit rasa manis yang terkandung  dalam Le Minerale yang berasal dari mineral Bikarbonat.

Tentunya dengan kandungan-kandungan tersebut, membuat Le Minerale sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Air Mineral, Jelas Le Minerale.

Logo
 Gerakan Indonesia Sehat bersama Le Minerale

Gerakan Indonesia Sehat merupakah sebuah campaign tahunan yang digagas olehLe Minerale sejak tahun 2016. Gerakan Indonesia Sehat bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan cara Move Right, Eat Right dan Drink Right.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa gaya hidup sehat itu cukup sulit. Di sini, Gerakan Indonesia Sehat ingin menunjukkan bahwa menjadi sehat itu ternyata mudah dan menyenangkan! Yuk share cara #MoveRight, #EatRight, dan #DrinkRight ala kamu! Karena di sini, GIS akan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pola hidup sehat yang mudah!