le mineral
7 Fakta & Mitos Tentang Air Minum yang Perlu Diketahui gisadmin - March 5, 2018

7 Fakta & Mitos Tentang Air Minum yang Perlu Diketahui

Air minum dan manusia adalah dua hal yang sangat sulit untuk dipisahkan. Manusia mungkin dapat hidup tanpa makanan hingga berminggu-minggu. Tetapi tanpa air, manusia hanya dapat bertahan beberapa hari saja. Oleh karena itu, air merupakan elemen yang sangat penting untuk kehidupan kita, baik yang tinggal di daerah panas atau yang dingin sekalipun.

Meskipun begitu, saat ini muncul berbagai fakta dan mitos tentang air minum yang cukup sulit dibedakan benar atau salahnya. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui beberapa fakta dan mitos tersebut, mulai dari kebutuhan air minum harian, air minum pegunungan, hingga kaitannya dengan kesehatan. Berikut adalah beberapa di antaranya!

1. Manusia Harus Minum 8 Gelas Air Setiap Hari

Meskipun air sangat dibutuhkan oleh tubuh, kewajiban meminum 8 gelas air setiap harinya adalah mitos belaka. Kenyataannya, menurut rekomendasi dari Institute of Medicine, wanita memerlukan sekitar dua liter atau delapan gelas cairan sehari dan laki-laki sekitar tiga liter atau 12 gelas cairan sehari.

Berarti, tidak hanya air putih saja yang dinyatakan sebagai cairan, tetapi semua jenis makanan atau juga minuman yang memiliki kandungan cairan di dalamnya termasuk kategori cairan yang dibutuhkan tubuh. Anjuran 8 gelas air setiap hari sendiri berasal dari recommended daily allowance (RDA) lama, yang dicocokkan dengan kebutuhan kalori harian. Tentunya tidak semua orang memiliki  kebutuhan kalori yang sama, karena itu bisa saja kamu membutuhkan air lebih sedikit atau lebih banyak dari orang lain.

2. Air Kemasan Bisa Merusak Gigi

Air minum dalam kemasan juga ternyata tidak ada hubungannya dengan kerusakan gigi lho! Oleh karena itu, air minum pegunungan hingga dalam kemasan yang saat ini beredar di pasaran dan cukup aman untuk dikonsumsi setiap hari. Meskipun begitu, tidak semua air dalam kemasan mengandung florida yang berfungsi untuk mencegah kerusakan gigi. Mineral ini merupakan salah satu elemen penting yang dibutuhkan oleh gigi dan juga tulang.

Oleh karena itu, kamu bisa memilih air minum pegunungan yang mengandung mineral alami yang berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah Le Minerale, yang telah dipercaya jutaan masyarakat di seluruh Indonesia.

3. Minum Air Putih Teratur Dapat Menurunkan Berat Badan

Berbeda dengan 2 mitos sebelumnya, pendapat yang menyatakan minum air putih teratur dapat menurunkan berat badan memang benar adanya. Meskipun tidak secara langsung menurunkannya, tetapi air putih diketahui dapat mempermudah prosesnya. Hal ini dikarenakan, air mempercepat proses perubahan kalori dan gula di dalam tubuh menjadi energi.

Menurut penelitian di Jerman, konsumsi air putih secara teratur dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan kalori dari subyek penelitian hingga 30 persen! Maka tidak ada salahnya jika kamu memasukkan air putih sebagai salah satu menu diet harian, karena memang terbukti menyehatkan dan membantu penurunan berat badan.

4. Warna Kuning Pada Urin Menandakan Dehidrasi

Pada beberapa kasus, warna kuning pada urin memang benar merupakan gejala terjadinya dehidrasi. Tetapi hal tersebut tidak dapat dijadikan patokan, karena urin dapat berwarna kuning meskipun kamu tidak sedang mengalami dehidrasi, contohnya ketika mengonsumsi multivitamin.

Lain halnya jika warna urin kamu berubah menjadi kuning gelap. Jika urin terlihat mulai keruh atau kecoklatan, berarti tubuh kamu mulai membutuhkan asupan cairan kembali.

5. Tidak Boleh Menggunakan Kembali Botol Plastik

Penggunaan kembali botol plastik memang sangat tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Hal ini dikarenakan, botol air minum kemasan memang diperuntukkan untuk sekali pakai. Bahaya dari plastik yang larut ke dalam air bisa saja terjadi, yang nantinya dapat berdampak pada kesehatan. Selain itu, bakteri dari mulut juga bisa berkembang bebas di dalam botol, khususnya jika tidak dicuci dengan benar.

6. Konsumsi Air Mempengaruhi Kelembaban Kulit

Dalam sebuah penelitian, fakta menunjukkan air memiliki peran yang tidak terlampau besar terhadap kelembaban kulit. Tentunya hal tersebut berbeda ketika manusia mengalami dehidrasi parah, yang dapat membuat kulit menjadi kering. Baru di saat inilah air benar-benar dapat mengembalikan cairan yang ada di kulit. Selebihnya, hanyalah mitos dan belum dapat dibuktikan kebenarannya

7. Minum Air Dapat Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Jika kamu mengonsumsi air putih setiap harinya, maka potensi menumpuknya racun yang ada di dalam tubuh dapat menurun dengan drastis. Air memang berfungsi untuk ginjal dalam menyingkirkan zat limbah yang dapat meracuni tubuh. Maka dari itu, saat ginjal tidak memiliki cukup cairan untuk menyaring racun yang masuk, berbagai masalah kesehatan dapat terjadi.

Ternyata cukup banyak juga ya fakta dan mitos terkait air minum saat ini. Nah, setelah mengetahuinya, saatnya kamu menentukan sendiri konsumsi air minum sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah Le Minerale yang diperkaya dengan mineral alami dari pegunungan.Proses pembotolan langsung di tempat juga langsung berasal dari air minum pegunungan dan akan tetap segar ketika sampai ke tangan kamu. Yuk mulai pilihan sehat dari sekarang!

Logo
 Gerakan Indonesia Sehat bersama Le Minerale

Gerakan Indonesia Sehat merupakah sebuah campaign tahunan yang digagas olehLe Minerale sejak tahun 2016. Gerakan Indonesia Sehat bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan cara Move Right, Eat Right dan Drink Right.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa gaya hidup sehat itu cukup sulit. Di sini, Gerakan Indonesia Sehat ingin menunjukkan bahwa menjadi sehat itu ternyata mudah dan menyenangkan! Yuk share cara #MoveRight, #EatRight, dan #DrinkRight ala kamu! Karena di sini, GIS akan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pola hidup sehat yang mudah!