le mineral
gisadmin - March 19, 2018

5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak Kamu Konsumsi Secara Bersamaan

Beberapa jenis makanan dikenal memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Tapi ketika dipadukan dengan jenis makanan atau minuman lain, mereka justru bisa menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi tubuh. Agar nggak salah mencampurkan makanan atau minuman dan berakhir kurang menyenangkan, yuk simak dulu beberapa jenis makanan dan minuman berikut ini yang sebaiknya nggak kamu konsumsi secara bersamaan!

Susu dan Teh

Apa ada di antara kamu yang suka minum teh tarik? Perpaduan sempurna antara susu dan tehnya memang bisa bikin ketagihan, tetapi ternyata hal tersebut bisa mengurangi bahkan menghilangkan manfaat antioksidan pada teh. Hal ini disebabkan oleh protein susu yang mengikat antioksidan tersebut. Bahkan, nggak cuma itu, manfaat kalsium pada susu juga bakal berkurang karena zat tanin yang ada pada teh telah mengurangi daya serap kalsium di dalam tubuh. Sebagai opsi lain, sesekali coba deh campur teh dengan perasan buah jeruk untuk meningkatkan penyerapan antioksidan.

Teh dan Kepiting

Setelah makan seafood, paling enak memang minum es teh manis. Tapi sebaiknya mulai tinggalkan kebiasaan ini, ya. Minum teh setelah makan seafood bisa berisiko mengencerkan getah lambung. Hal ini nggak cuma berpengaruh pada pencernaan dan daya serap, tapi juga bisa menurunkan fungsi pembasmi kuman dari getah lambung tersebut. Alhasil, bakteri bisa hidup secara bebas di dalamnya. Kamu tentu nggak mau hal ini terjadi, kan?

Kentang dan Daging

Saat makan steak, nggak ada pasangan yang lebih tepat daripada kentang. Sayangnya, perpaduan antara daging dan kentang kurang baik untuk tubuh. Mengonsumsi makanan kaya karbohidrat dengan protein hewani dapat memberi dampak kurang baik pada pencernaan. Jadi, hal ini nggak cuma berlaku pada steak dan kentang, tapi juga bisa berlaku pada pasta dan daging ayam misalnya. Perbedaan enzim pencernaan yang dikeluarkan oleh tubuh membuat zat gizi keduanya nggak bisa tercerna dengan baik saat dikonsumsi secara bersamaan.

Roti dan Selai

Roti dan selai bisa dikatakan menjadi salah satu perpaduan paling ikonik dalam bidang kuliner. Tapi, baik roti dan selai sama-sama mengandung karbohidrat olahan. Jadi, jika digabungkan, keduanya bisa menaikkan gula darah dengan cepat. Ketika gula darah naik, tubuh kamu harus bekerja keras untuk menurunkannya dengan melepas insulin dari pankreas. Nah, kalau kamu terlalu sering makan roti dengan selai, bukan nggak mungkin pankreas kamu bakal terganggu dalam proses menghasilkan insulin dan menimbulkan risiko penyakit diabetes.

Cokelat dan Susu

Susu dikenal sebagai salah satu sumber kalsium terbaik. Sementara itu, cokelat mengandung asam oksalat, yang dapat mengurangi penyerapan kalsium dalam tubuh. Apabila kamu mengonsumsi susu dan cokelat secara bersamaan, keduanya akan membentuk senyawa kalsium oksalat yang akan cenderung susah untuk dicerna tubuh, bahkan sampai bisa menimbulkan diare!

 

Beberapa makanan dan minuman memang terasa lezat saat dikonsumsi bersama, tetapi nggak semuanya baik untuk tubuh. Demi mendukung Gerakan Indonesia Sehat bersama Le Minerale, mulai sekarang coba kurangi konsumsi perpaduan makanan dan minuman di atas, ya!

Logo
 Gerakan Indonesia Sehat bersama Le Minerale

Gerakan Indonesia Sehat merupakah sebuah campaign tahunan yang digagas olehLe Minerale sejak tahun 2016. Gerakan Indonesia Sehat bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan cara Move Right, Eat Right dan Drink Right.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa gaya hidup sehat itu cukup sulit. Di sini, Gerakan Indonesia Sehat ingin menunjukkan bahwa menjadi sehat itu ternyata mudah dan menyenangkan! Yuk share cara #MoveRight, #EatRight, dan #DrinkRight ala kamu! Karena di sini, GIS akan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pola hidup sehat yang mudah!