le mineral
Dampak Buruk Kekurangan Air Mineral gisadmin - February 12, 2018

5 Dampak Buruk Kekurangan Mineral Bagi Tubuh

Tubuh manusia sangatlah membutuhkan mineral untuk dapat hidup. Berbagai zat seperti Potasium, Kalsium, Besi, hingga Magnesium dibutuhkan dalam dosis kecil untuk berbagai hal, seperti menjaga kesehatan jantung, membantu fungsi otak dan syaraf, memelihara kekuatan tulang, hingga mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh.

Lantas, apa dampaknya jika ternyata kita mengalami kekurangan mineral? Menurut penelusuran Le Minerale, setidaknya ada 5 dampak buruk yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa di antaranya

1. Kalsium

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan zat bernama Kalsium bukan? Ternyata, mineral ini tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak saat masa pertumbuhan saja, tapi juga diperlukan orang dewasa untuk berbagai hal. Bagi kamu yang tidak memenuhi asupan kalsium harian, harus waspada ya.

Kekurangan Kalsium diketahui menyebabkan berbagai penyakit, seperti kejang, osteoporosis, dan juga oesteomalasia. Di lain sisi, wanita yang sedang hamil atau menyusui juga memerlukan kalsium, agar tulang tidak mudah rapuh. Sedangkan, bagi anak-anak yang tidak memenuhi asupan kalsiumnya berisiko besar mengalami rakhitis. Untuk itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi air minum dengan kandungan Kalsium yang cukup di dalamnya, seperti Le Minerale, yang memiliki kandungan mineral pegunungan lengkap seperti Kalsium, Sodium, Potasium, dan juga Magnesium.

2. Tembaga

Tembaga juga diketahui sebagai mineral yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Kekurangan mineral ini dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Meskipun sangat jarang terjadi, tetapi kekurangan Tembaga dapat menyebabkan kelainan tulang, anemia atau kekurangan darah, hingga sakit paru-paru. Oleh karena itu, mineral ini dibutuhkah tubuh dalam dosis yang kecil.

3. Sodium

Sodium atau dikenal dengan nama lain Natrium merupakan mineral yang umumnya bisa kita temukan di berbagai produk olahan makanan. Tubuh manusia sendiri sebenarnya menghasilkan Sodium secara alami. Tetapi, jika kekurangan mineral ini di dalam tubuh, ternyata dampaknya juga sangat besar.

Beberapa keluhan seperti gangguan ginjal, gangguan otot dan juga syaraf pernah diasosiasikan dengan kurangnya asupan Sodium harian. Untuk itu, kamu harus mengonsumsi makanan dan yang mengandung sodium dengan porsi yang tepat ya, seperti saus, roti, olahan daging, dan juga sereal. Le Minerale juga memiliki kandungan mineral ini, yang secara alami berasal dari air pegunungan di kedalaman 100 meter di bawah tanah, sehingga kualitas kandungan tetap terjaga.

4. Zinc

Untuk kamu yang belum tahu, Zinc merupakan mineral dengan jumlah kandungan yang paling banyak di tubuh manusia. Mineral ini diketahui berguna untuk menjaga kesehatan, apalagi jika kamu melakukan aktivitas yang cukup berat setiap harinya. Kekurangan Zinc diketahui dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan yang cukup serius, yaitu:

  • Daya tahan tubuh menurun.
  • Kulit mengering.
  • Diare parah.
  • Proses penyembuhan luka lebih lama.
  • Pertumbuhan buruk (terjadi pada anak-anak).
  • Timbulnya jerawat.
  • Dan masih banyak lagi.

5. Magnesium

Magnesium juga diketahui sebagai mineral yang berperan penting di dalam tubuh manusia. Fungsi dari mineral ini adalah sebagai sumber energi bagi enzim di dalam tubuh. Layaknya tubuh, enzim juga memerlukan energi untuk dapat beraktivitas, yang sumbernya berasal dari Magensium. Selain itu, mineral ini juga berperan penting dalam proses reproduksi sel, sintesis protein, dan juga kontraksi otot.

Kekurangan Magnesium diketahui dapat mengganggu fungsi di atas, yang berdampak pada terjadinya beberapa gangguan kesehatan. Beberapa gangguan tersebut meliputi gangguan mental atau depresi, perasaan cepat lelah akibat kekurangan energi, insomnia, dan juga kram otot.

Salah satu cara untuk meminimalisir dampak buruk kekurangan mineral di atas adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung mineral, seperti gandum, buah-buahan, dan juga sayuran. Lengkapi pula dengan konsumsi air minum sehat seperti Le Minerale, yang terbukti mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Rasa manis yang ada di dalamnya juga tidak berbahaya, karena rasa manis ini berasal dari mineral Bikarbonat yang terkandung pada setiap kemasannya. Produk ini juga terjamin aman, karena menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia. Selain itu, Le Minerale juga terbukti aman dan halal, karena telah sesuai dengan standar layak konsumsi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan kriteria halal dari MUI.

Logo
 Gerakan Indonesia Sehat bersama Le Minerale

Gerakan Indonesia Sehat merupakah sebuah campaign tahunan yang digagas olehLe Minerale sejak tahun 2016. Gerakan Indonesia Sehat bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan cara Move Right, Eat Right dan Drink Right.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa gaya hidup sehat itu cukup sulit. Di sini, Gerakan Indonesia Sehat ingin menunjukkan bahwa menjadi sehat itu ternyata mudah dan menyenangkan! Yuk share cara #MoveRight, #EatRight, dan #DrinkRight ala kamu! Karena di sini, GIS akan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pola hidup sehat yang mudah!